Monday, 24 November 2014

Bank Sampah Batam


Kini Hadir Bank Sampah Batam (BSB) - Koperasi Adijaya Batam di Kota Anda.

Sumber gbr: https://www.facebook.com/banksampah.batam

Konsep yang unik untuk Masyarakat Rajin Menabung. Ups yang ditabung bukan Uang Tunai Loh. Namun Sampah rumah tangga yang dikumpulin lalu di bawa ke Bank Sampah atau Unit Bank Sampah terdekat dari pemukiman untuk di tabung. Jadi prosedur cara nabungnya sama seperti nabung di Bank pada umumnya.
Sumber gbr: https://www.facebook.com/banksampah.batam

Nasabah ke Bank bawa sampah, lalu sampah di timbang oleh petugas Bank Sampah (sesuai kategori dan jenis sampah yang diberlakukan oleh Bank Sampah), Petugas Teller Bank akan membuatkan buku tabungan untuk Nasabah Baru dan mencatat tabungan sampah yang dibawa oleh Nasabah sebagai Bukti simpanan dan ke ikut sertaan nya sebagai Nasabah Bank Sampah.



Bank Sampah Batam (BSB) melayani Nasabahnya mulai di perkotaan hingga daerah terpencil, dengan keberadaan Unit Bank Sampah di beberapa wilayah pemukiman. Bisa di lihat pada alur berikut ini:

Sumber gbr: https://www.facebook.com/banksampah.batam

Tidak ada lagi sampah berserakan, kalo semua warga Batam sudah menjadi Nasabah Bank Sampah. Benar atau benar ya? Insya Allah Benar ya Sobat. Bayangkan saja, dari awalnya kita hanya membuang sampah di tempatnya, lalu di ambil oleh petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan Kota Batam beberapa kali dalam seminggu. Dan di kelola di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) terdekat. Nah disini lah dari kebiasaan membuang, kita dialikan menjadi sumber tabungan. Sampah yang hanya membuat hidung gatal (bau menyengat) bahkan berserakan dimana-mana, kini bisa akan lebih rapi dan bermanfaat.

Sampah yang bagaimana bisa ditabung?
Tentu saja sampah yang anorganik seperti Botol, Kertas/Kardus, Kaleng, dan lain-lain. Dan tidak laku untuk di simpan seperti sampah organik (sisa nasi, sayur, dll hehehe...).

Saya yakin sekali, bahwa Bank Sampah Batam (BSB) mampu menjadi Bank yang terbaik dan terdepan selain Bank Konvensional lainnya yang ada di Batam, bahkan di tingkat provinsi Kepri. Hal ini tentunya akan terjadi jikalau BSB sendiri mampu memberikan layanan yang prima kepada seluruh lapisan masyarakat di Kota Batam dan khususnya mampu mensosialisasikan program peduli untuk menabung (sampah khususnya) kepada masyarakat Batam tanpa terkecuali.

Kepada Rekan-rekan yang ingin berpartisipasi menjadi Nasabah Bank Sampah Batam (BSB), datang saja langsung ke TKP.

Kantor Bank Sampah Batam di alamat:
Jl. Ir. Sutami, No. 1,
Sekupang, Batam, Indonesia 29422

"Berani Menabung Sampah Hebat"
Setuju atau setuju ....

"Jangan selalu mengalokasikan dana untuk pengeluran rutin bulanan dari Sumber Gaji. Ayo Mulailah Kreatif, Bisa Nabung dengan Sampah, Bisa Pula Bayar Tagihan dari Tabungan Sampah"

Mungkinkah atau Mungkin ...
Insya Allah Bisa, Rajin Nabung, Sedikit demi Sedikit Lama-Lama Jadi Bukit.
Mulai Sekarang, Simpan Sampah Anorganik Rumah Tangga, Bawa ke Bank Sampah Batam (BSB) untuk di Tabung.

Sepakat atau Sepakat ...
Semoga bermanfaat.

Salam Bersih Itu Indah, Menjaga Kebersihan Adalah Sebagian Dari Iman.

0 komentar: