Monday, 8 December 2014

Mengapa Anda harus melakukan promosi?

Apa yang membuat produk Anda dikenal masyarakat? salah satunya adalah dengan melakukan promosi, baik itu melalui media cetak maupun elektronik. Sebaik apapun produk Anda jika tidak dikomunikasikan lewat iklan, masyarakat tidak akan mengetahuinya. Dengan melakukan promosi diharapkan akan menciptakan brand awareness, dan meningkatkan penjualan.


Salah satu cara melakukan promosi adalah dengan memasang iklan. Berdasarkan media yang digunakan iklan dibagi menjadi 2:
  1. Iklan above the line (Lini Atas) media ini bersifat massa seperti surat kabar, majalah, tabloid, TV, radio, dan internet.
  2. Iklan below the line (Lini Bawah) seperti leaflet, poster, spanduk, baliho, bus stop, sticker, shop sign, flyer, hanging display dll.
Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah, media mana yang paling ampuh dan menguntungkan untuk bisnis/produk Anda?. Masing-masing media mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri, yang perlu Anda tanyakan sebenarnya adalah apakah media yang akan digunakan bisa menjangkau audience dan target market Anda? Karena beda karakter audience, beda pula media yang harus digunakan.

Kita semua tahu bahwa untuk memasang iklan di media mainstream dibutuhkan investasi yang tidak sedikit, hal ini tentu menjadi kendala bagi para pelaku UKM yang ingin mengembangkan usahanya. Namun begitu masih ada media lain yang bisa dijangkau oleh para pelaku bisnis, salah satunya adalah dengan mobile marketing.

SMS marketing adalah pemasaran melalui perangkat bergerak (mobile marketing) seperti ponsel dan ponsel pintar, keunggulan SMS marketing adalah bahwa pesan yang diterima oleh audience lebih cepat dari media lain. Bagi Anda yang membutuhkan promosi efektif namun dengan biaya yang terjangkau, maka SMS marketing bisa menjadi solusi cerdas.

Semoga bermanfaat.

0 komentar: