Monday, 8 December 2014

Mobile Marketing dengan SMS Marketing





Pengertian Mobile Marketing

Mobile Marketing adalah kegiatan promosi yang dirancang untuk dikirimkan ke ponsel, ponsel pintar dan perangkat genggam lainnya, biasanya sebagai komponen dari kampanye multi-chanel.

Jenis-jenis Mobile Marketing
Beberapa mobile marketing mirip dengan iklan yang disampaikan melaui media elektronik lainnya seperti teks, gambar, dan pesan suara. Beberapa jenis diantaranya adalah SMS, MMS, Games, dll. Pesan SMS adalah yang paling umum digunakan dalam mobile marketing, pemasaran melalui mesin pencari adalah saluran kedua paling umum, diikuti dengan tampilan berbasis kampanye.

Pemasaran melalui SMS menjadi semakin populer di awal 2000-an, ketika para pebisnis mulai mengumpulkan nomor ponsel dan mengirimkan konten melaui pesan singkat (SMS). Rata-rata, pesan SMS dibaca dalam waktu empat menit, ini yang menjadikan mobile marketing sangat convertible.

Peraturan Pemerintah mengenai SMS Gratis
Kementerian Kominfo pada tanggal 1 Juni 2012 yang lalu telah menetapkan peraturan baru tentang skema interkoneksi SMS yang sebelumnya Sender Keep All (SKA) menjadi berbasis biaya (cost-based). SKA biasanya dijadikan ajang promosi operator selular untuk memberikan SMS gratis ke operator lain.

Perubahan skema ini bukanlah peraturan baru di industri telekomunikasi Indonesia dan sudah sesuai dengan amanah dari Peraturan Menteri Kominfo No. 08/PER/M.KOMINFO/02/2006 tentang Interkoneksi, dimana penyelenggaraan interkoneksi harus berdasarkan biaya.

Maraknya SMS Broadcast (penyebaran SMS ke banyak pengguna telepon bergerak) dan SMS spamming (SMS yang tidak diinginkan) disinyalir juga sebagai dampak dari promosi para penyelenggara yang disalahgunakan atau akibat dari penerapan skema SKA.

Semoga Bermanfaat.

0 komentar: